Sikap Utama yang Wajib Dimiliki dalam Dunia Kerja

Attitude adalah sikap yang menunjukan bagaimana kita bertindak dan memperlakukan orang lain. Dapat juga diartikan sebagai perilaku atau tingkat laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. hal ini ditunjukan mulai dari cara berbicara, bertindak, dan memperlakukan orang lain dalam situasi sehari-hari.

Tahukah Anda? Attitude merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja. Sebab jika Anda ingin menjadi pekerja professional, attitude merupakan hal yang harus dikembangkan. Di tengah persaingan kerja yang semakin ketat dari tahun ke tahun, banyak perusahan mencari sumber daya manusia yang dinamis, memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni sekaligus juga memiliki atitide yang baik menjadi pertimbangan utama.

Percaya tidak percaya attitude dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Dalam sebuah penelitian di Amerika, 90% kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) cenderung disebabkan oleh perilaku buruk, seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan hubungan interpersonal yang buruk. 

Berikut ini beberapa attitude dasar yang wajib dimiliki saat bekerja:

1. Sopan dan ramah

Bersikap sopan dan ramah tidak hanya berlaku terhadap atasan saja tetapi juga terhadap rekan kerja lain baik senior maupun junior. Bahkan seharusnya kita berlaku sopan terhadap semua orang yang di temui baik di lingkungan kerja maupun diluar lingkungan kerja. Bersikap sopan santun tidak merugikan sama sekali, justru dapat membuat kita di hormati oleh orang lain.

2. Saling menghargai

Sikap saling menghargai menjadi salah satu sikap yang penting dimiliki dalam lingkungan kerja. Dengan saling menghargai antar sesama rekan kerja, berarti kita juga menghargai setiap perbedaan yang terjadi di tempat kerja. Misalnya dengan menjaga privasi, memperlakukan rekan kerja secara baik, dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Saling menghargai juga menunjukan bahwa kita bekerja secara profesional dengan bersikap baik saat bekerja. Selain itu, sikap saling menghargai dapat menciptakan lingkungan kerja yan positif, membangun hubungan kerja yang kuat, dan meningkatkan kerjasama tim yang baik. Kita juga menciptakan kesempatan untuk saling belajar dan berkembang.

3. Menghargai waktu

Dalam dunia kerja, waktu adalah hal yang sangat penting. Kemampuan dan cara kita memanfaatkan waktu dengan baik dan efektif mencerminkan sikap dan tanggung jawab dalam bekerja. Contohnya, selalu datang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline, dan lain sebagainya.

Menghargai waktu juga akan membuat kita nyaman selama bekerja dan bebas dari stres. Selain itu, kita pun dipandang sebagai orang yang professional serta memiliki komitmen terhadap pekerjaan dan menjaga produktivitas kerja. Sikap ini mencerminkan kemampuan untuk bekerja secara terorganisir dan disiplin.

4. Tidak membawa masalah pribadi ke kantor

Setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda-beda sehingga kondisi seseorang bisa menjadi naik turun. Meskipun tidak mudah, namun saat sedang bekerja seberat apapun masalah yang dihadapi jangan pernah membawa masalah pribadi ke lingkungan kerja. Hal ini akan mempengaruhi penilaian kinerja. Kita harus bisa menunjukan sikap profesional sebagai pekerja.

Jadi dimanapun kita bekerja memiliki attitude yang baik itu sangat penting untuk kemajuan hidup. Orang lain akan melihat kita sesuai dengan karakter atau attitude yang kita miliki dan tunjukan.

Memiliki attitude yang baik, selain menunjang perkembangan karir, juga membantu kita untuk beradaptasi dilingkungan baru. Pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah, membantu profesionalitas diri, dan kita pun akan menjadi seseorang yang layak diperhitungkan.



Leave a Reply