Kolaborasi dalam Membangun Karir

Kolaborasi adalah proses kerja yang mengharuskan para karyawan bekerjasama dan berinteraksi agar menghasilkan gagasan atau ide untuk menyelesaikan proyek atau tugas. Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu skill atau keterampilan penting untuk dimiliki oleh para pekerja. Sebagian besar lingkungan kerja saat ini membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan ini.

Kemampuan kolaborasi juga mendorong kita untuk dapat bekerjasama dengan lebih baik. Menguasai skill kolaborasi memungkinkan kita untuk membuang ego dan mampu bekerjasama dengan rekan kerja lainnya. Kemampuan kolaborasi juga menawarkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah mendorong produktivitas kerja dan dapat membina hubungan yang baik dan sehat antar rekan kerja.

Selain bisa meningkatkan produktivitas kerja, kolaborasi juga memiliki beberapa keuntungan lain untuk menunjang karir, diantaranya:

1. Saling berbagi ilmu

Kita dapat belajar banyak hal dari anggota tim lain dari berbagai latar belakang keahlian dan pengalaman. Biasanya atasan mendorong bawahannya untuk saling berbagi ilmu, sehingga karyawan semakin termotivasi dan dapat memperluas keahliannya.

2. Dapat mengenal diri sendiri

Kita dapat mengenali diri sendiri mulai dari kelebihan dan kekurangan kita saat berkolaborasi. Saat berkolaborasi secara tidak langsung kita akan mengenali apa saja yang bisa kita tonjolkan dan di sisi mana yang masih  butuh bantuan atau masukan dari orang lain.

3. Dapat menyelesaikan masalah bersama-sama

Ada kalanya pekerjaan tidak dapat diselesaikan sendiri. Itulah mengapa kolaborasi sangat dibutuhkan. Memiliki kemampuan kolaborasi memungkinkan kita untuk berhasil dalam mencapai tujuan. Begitupun saat menghadapi permasalahan yang rumit, berkolaborasi dalam memecahkan masalah, dapat membantu menemukan solusi terbaik, dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

4. Mendapatkan banyak ide dan gagasan baru

Saat melakukan kolaborasi atau pun kerjasama tim, kita akan mendapatkan inspirasi dan ide baru. Diskusi dengan anggota tim dari berbagai latar belakang dan pengalaman yang berbeda, membuat kita mendapat pelajaran dan pengetahuan dari orang lain. Ini dapat menunjang kita meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri.

5. Berbagi beban kerja

Kolaborasi juga sama dengan berbagi kerja dengan setiap anggota tim lain. Tidak ada individu yang kewalahan karena beban kerja dapat dibagi secara proporsional sesuai dengan kemampuan atau keahlian masing-masing. Pekerjaan pun menjadi lebih efisien karena tugas dapat diselesaikan bersama-sama sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Ayo, semangat berkolaborasi dengan tim kerjamu yang lain ya!



Leave a Reply