Langkah Mudah Membiasakan Diri Disiplin Waktu

Disiplin waktu berarti sebisa mungkin menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Waktu tidak bisa diubah atau diputar kembali. Waktu adalah hal yang sangat berharga, maka kita perlu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Sebuah kesuksesan bisa diraih dengan menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin.

Untuk bisa membiasakan diri disiplin waktu diperlukan latihan, karena sikap disiplin terhadap waktu muncul dari kebiasaan menjalani hidup dalam keseharian kita.

Berikut beberapa langkah mudah untuk membiasakan diri disiplin waktu:

Membuat perencanaan dan prioritas

Dengan membuat perencanaan dan prioritas bekerja maka ini akan memudahkan kita menentukan tugas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Kita juga bisa membuat tingkat prioritas setiap tugas, misal dengan membuat catatan yang berisi daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas yang kurang penting dan memiliki waktu lebih banyak untuk dikerjakan.

Fokus dengan apa yang dikerjakan

Setelah membuat perencanaan dan menentukan skala prioritas, hal selanjutnya adalah fokus dengan apa yang dikerjakan. Berusaha untuk mengerjakan apa yang sudah diagendakan/jadwalkan. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan tugas, seperti membuka sosmed. Walaupun tampak remeh, tapi waktu yang dihabiskan untuk membaca sosmed akan merusak prioritas yang sudah direncanakan.  

Bersikap tegas

Kita bisa mengatakan ‘tidak’ atau menolak tugas yang tidak dapat dilakukan. Jika memang tidak mampu menyelesaikannya, jangan pernah memaksakan diri. Fokus dengan apa yang sedang di kerjakan atau yang sudah diagendakan sebelumnya.

Hindari menunda pekerjaan

Biasakan untuk tidak menunda tugas. Menunda tugas hanya akan membuat tugas semakin menumpuk. Semakin banyak tugas yang ditunda, semakin banyak waktu habis tidak produktif.

Saat kita tidak menunda pekerjaan, maka kita akan merasa lebih tenang dan menjadi lebih fokus. Kita juga tidak perlu lagi khawatir dikejar deadline atau stres karena tumpukan pekerjaan yang belum diselesaikan. Dengan membiasakan diri disiplin waktu, bukan hanya tugas selesai sesuai target, resiko stres dan depresi juga dapat dihindari.



Leave a Reply