Manfaat Networking Dalam Dunia Kerja

Saat ini membangun networking menjadi hal yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Networking memiliki arti jaringan, atau disebut juga dengan relasi antara satu pihak dengan pihak lain. Tujuannya untuk saling membantu dan menguntungkan satu sama lain.

Memiliki networking yang bagus dipercaya dapat mempengaruhi perkembangan karir seseorang. Survei global dari LinkedIn, menyebutkan bahwa 80% profesional menganggap networking sangat penting untuk mengantarkan kesuksesan karir. Sehingga penting memiliki networking yang luas. Semakin luas networking yang dimiliki, maka semakin cerah juga perkembangan karir kedepannya.

Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki networking yang baik:

1. Dapat bertukar ide

Ilmu dan pengetahuan tidak hanya didapatkan dari sekolah atau buku saja. Bertemu dengan banyak orang juga dapat menambah ilmu dan pengetahuan. Ini bukan tanpa alasan, sebab setiap orang memiliki ide, pemikiran, mindset dan pengalaman hidupnya masing-masing. Berbagi hal-hal ini dapat membantu membuka pikiran serta pandangan yang lebih luas dan melihat sudut pandang dan persepektif yang berbeda. Dari sini kita dapat menghasilkan ide-ide baru.

2. Memiliki informasi yang luas

Semakin luas relasi, maka semakin berdampak pula pada pengetahuan dan informasi yang diperolah. Kita bisa saling bertukar informasi terkini dengan rekan yang lain, terutama info mengenai karir, lowongan kerja, tren terkini, dan lain sebagainya.

Studi dari Technology Brokering and Innovation juga menunjukan bahwa mereka yang dapat membangun networking dengan koneksi yang beragam dapat mengakses lebih banyak informasi untuk menghasilkan ide. Hal ini meningkatkan pencapaian dalam karir yang lebih baik.

3. Dapat saling membantu

Networking bisa memberikan feedback positif jika kita berada dalam circle relasi yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus melihat dengan siapa kita membangun relasi agar berdampak positif untuk semua pihak. Networking bisa menjadi sarana untuk saling membantu jika salah satu di antara kita sedang berada dalam situasi yang sulit. Misal, memberikan informasi yang sedang dibutuhkan, saling berbagi pengalaman, memberikan masukan yang membangun, maupun memberikan ide baru.

4. Meningkatkan Skill komunikasi

Memiliki banyak teman berarti kita secara tidak langsung mambagi skill komunikas dari berbagai macam latar belakang. Dari sana kita belajar dan mengasah skill komunikasi. Bahkan kita juga akan belajar untuk berbicara di depan banyak orang dengan cara yang baik dan benar.



Leave a Reply